Siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) adalah proses
evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi
berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air terjun (waterfall
approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem. Dilakukan dengan strategi
Top-Down Design. Tahapan dari siklus hidup sistem yaitu :
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Rancangan
4. Tahap Penerapan
5. Tahap Penggunaan
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Rancangan
4. Tahap Penerapan
5. Tahap Penggunaan
Empat tahap pertama dinamakan dengan siklus hidup
pengembangan sistem (system development life cycle – SDLC).
Siklus hidup sistem yang pertama dikelola oleh manajer unit jasa informasi, dibantu oleh manajer dari analisis sistem, pemrograman dan operasi. Namun kecenderungan saat ini, meletakkan tanggung jawab pada tingkat yang lebih tinggi dan lebih rendah. Ada tiga tingkatan besar (hirarki) dari manajemen siklus hidup sistem, yaitu :
Tanggung Jawab Eksekutif Ketika sistem memiliki nilai
strategis atau mempengaruhi seluruh organisasi, direktur utama atau komite
eksekutif mungkin memutuskan untuk mengawasi proyek pengembangannya.
Ketika lingkup sistem menyempit dan folusnya lebih
operasional kemungkinan besar kepemimpinan akan dipegang oleh eksekutif tingkat
yang lebih rendah, seperti wakil direktur utama, direktur bagian administrasi,
dan CIO.
Komite Pengarah SIM (steering committee MIS – SC MIS) banyak
perusahaan membuat suatu komite khusus, di bawah tingkat komite eksekutif, yang
bertanggung jawab atas pengawasan seluruh proyek sistem. Jika tujuan komiter
tersebut adalah memberikan petunjuk, pengarahan dan pengendalian yang
berkesinambungan, dalam rangka penggunaan sumber daya komputer perusahaan maka
komite tersebut dinamakan Komite Pengarah SIM.
Komite Pengarah SIM melaksanakan tiga fungsi utama, yaitu :
1. menetapkan kebijakan
2. menjadi pengendali keuangan
3. menyelasaikan pertentangan
1. menetapkan kebijakan
2. menjadi pengendali keuangan
3. menyelasaikan pertentangan
Keuntungan
yang dicapai :
•
semakin besar kemungkinan komputer akan digunakan untuk mendukung pemakai di
seluruh perusahaan.
•
Semakin besar kemungkinan proyek-proyek komputer akan mempunyai perencanaan dan
pengendalian yang baik.
Kepemimpinan Proyek Komite pengarah SIM yang terlibat
langsung dengan rincian pekerjaan, tanggung jawabnya ada pada Tim Proyek. Tim
proyek mencakup semua orang yang ikut serta dalam pengembangan sistem berbasis
komputer. Kegiatan tim tersebut diarahkan oleh seorang Pemimpin Proyek yang
memberikan pengarahan selama proyek berlangsung. Tidak seperti komite pengarah
SIM, tim proyek tidak berkelanjutan dan biasanya dibubarkan ketika penerapan
sistem telah selesai.
1. TAHAP
PERENCANAAN
Keuntungan
dari merencanakan proyek CBIS, yaitu :
•
Menentukan lingkup dari proyek
Unit organisasi, kegiatan atau sistem manakah yang terlibat dan mana yang tidak ? Hal tersebut akan memberikan perkiraan awal dari skala sumber daya yang diperlukan.
Unit organisasi, kegiatan atau sistem manakah yang terlibat dan mana yang tidak ? Hal tersebut akan memberikan perkiraan awal dari skala sumber daya yang diperlukan.
•
Mengenali berbagai area permasalahan potensial
Akan menunjukkan hal-hal yang mungkin tidak berjalan dengan semestinya, sehingga hal tersebut dapat dicegah.
Akan menunjukkan hal-hal yang mungkin tidak berjalan dengan semestinya, sehingga hal tersebut dapat dicegah.
•
Mengatur urutan tugas
Banyak tugas-tugas terpisah yang diperlukan untuk mencapai sistem. Tugas tersebut diatur dalam urutan logis berdasarkan prioritas informasi dan kebutuhan agar efisien.
Banyak tugas-tugas terpisah yang diperlukan untuk mencapai sistem. Tugas tersebut diatur dalam urutan logis berdasarkan prioritas informasi dan kebutuhan agar efisien.
•
Memberikan dasar untuk pengendalian
Tingkat kinerja metode pengukuran tertentuharus dispesifikasikan sejak awal.
Tingkat kinerja metode pengukuran tertentuharus dispesifikasikan sejak awal.
Langkah-langkahnya:
1.
Menyadari masalah Kebutuhan akan proyek CBIS biasanya dirasakan oleh manajer
perusahaan, non manajer, dan elemen-elemen dalam lingkungan perusahaan.
2.
Mendefinisikan masalah Setelah manajer menyadari adanya masalah, ia harus
memahaminya dengan baik agar dapat mengatasi permasalah tersebut. Ia melakukan
identifikasi dimana letak permasalahannya, penyebabnya dan berusahan
mengumpulkan semua informasi. Jika perusahaan mempunyai kebijakan untuk
mendukung end user computing, dan manajer ingin memakai pendekatan tersebut
untuk pengembangan sistem, maka ia bertanggung jawab untuk membuat definisi.
Selain itu, manajer memerlukan bantuan analis sistem yang saling bekerja sama
dengan manajer.
3.
Menentukan tujuan system Manajer dan analis sistem mengembangkan suatu daftar
tujuan sistem yang harus dipenuhi oleh sistem untuk memuaskan pemakai. Sehingga
tujuan hanya dinyatakan secara umum, yang nantinya akan dibuat lebih spesifik.
4.
Mengidentifikasi kendala system Sistem baru dalam pengoperasiannya tidak bebas
dari kendala. Beberapa kendala mungkin ditimbulkan oleh lingkungan, seperti
laporan pajak yang diminta oleh pemerintah dan informasi pembayaran yang
dibutuhkan oleh konsumen. Kendala lainnya, seprti keharusan menggunakan
perangkat keras yang telah ada atau menyiapkan dan menjalankan sistem pada
tanggal tertentu. Kendala-kendala tersebut penting untuk diidentifikasi sebelum
sistem benar-benar mulai dikerjakan. Dengan demikian, baik rancangan sistem
maupun kegiatan proyek akan berada di antara kendala-kendala tersebut.
5.
Membuat studi kelayakan Studi kelayakan adalah suatu tinjauan seklias pada
faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai
tujuan yang diinginkan.
Ada enam dimensi kelayakan, yaitu :
1. Teknis: tersediakan hardware dan software untuk melaksanakan pemrosesan yang diperlukan ?
1. Teknis: tersediakan hardware dan software untuk melaksanakan pemrosesan yang diperlukan ?
2.
Pengembalian ekonomis: dapatkah sistem yang diajukan dinilai secara keuangan
dengan membandingkan kegunaan dan biayanya ?
3.
Pengembalian non ekonomis: dapatkah sistem yang diajukan dinilai berdasarkan
keuntungan-keuntungan yang tidak dapat diukur dengan uang?
4.
Hukum dan etika: akankah sistem yang diajukan beroperasi dalam batasan hokum
dan etika ?
5.
Operasional: apakah rancangan sistem akan didukung oleh orang-orang yang akan
menggunakannya ?
6.
Jadual: mungkinkah penerapan sistem dalam kendala waktu yang ditetapkan ?
Analis sistem mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mewawancarai beberapa pegawai penting dalam area pemakai.
Analis sistem mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mewawancarai beberapa pegawai penting dalam area pemakai.
7.
Menyiapkan usulan penelitian system Jika suatu sistem dan proyek tampak layak,
diperlukan penelitian sistem secara menyeluruh. Penelitian sistem (sistem
study) akan memberikan dasar yang terinci bagi rancangan sistem baru mengenai
apa yang harus dilakukan sistem itu dan bagaimana sistem tersebut melakukannya.
Analis akan menyiapkan usulan penelitian sistem yang memberi dasar bagi manajer
untuk menentukan perlu tidaknya pengeluaran untuk analisi. Hal penting yang
harus diingat tentang usulan tersebut adalah bahwa sebagian besar isinya
didasarkan pada perkiraan (perkiraan merupakan informasi terbaik yang tersedia)
dan perkiraan jauh lebih baik daripada tanpa informasi sama sekali. Selebihnya akan
dipelajari ketika siklus hidup mulai berjalan.
8.
Menyetujui atau menolak proyek penelitian Manajer dan komite pengarah menimbang
pro dan kontra proyek dan rancangan sistem yang diusulkan, serta menentukan
apakah perlu diteruskan keputusan teruskan / hentikan.
Pertimbangan
penting yang perlu dilakukan yaitu :
1.
Akankah sistem yang diusulkan dapat mencapai tujuannya ?
2.
Apakah penelitian proyek yang diusulkan merupakan cara terbaik untuk melakukan
analisis sistem ?
Jika
keputusannya adalah teruskan maka proyek akan berlanjut ke tahap penelitian
(analisis).
Namun,
jika keputusannya hentikan maka semua pihak mengalihkan perhatiannya ke masalah
-masalah lain.
Menetapkan
mekanisme pengendalian Sebelum penelitian sistem dimulai, SC MIS menetapkan pengendalian proyek dengan menentukan apa yang harus dikerjakan, siapa yang melakukannya, dan
kapan akan dilaksanakan. Setelah jadual ditetapkan, jadual tersebut harus
didokumentasikan dalam
bentuk yang memudahkan pengendalian. (misalkan gunakan Microsoft Project).
Bentuk dari
usulan penelitian sistem secara umum mencakup :
1. Ikhtisar eksekutif
2. Pendahuluan
3. Tujuan dan kendala sistem
4. Berbagai alternatif sistem yang mungkin
5. Proyek penelitian sistem yang disarankan
1. Ikhtisar eksekutif
2. Pendahuluan
3. Tujuan dan kendala sistem
4. Berbagai alternatif sistem yang mungkin
5. Proyek penelitian sistem yang disarankan
2. TAHAP ANALISIS
Ketika
perencanaan selesai dan mekanisme pengendalian telah berjalan, tim proyek
beralih pada analisis sistem yang telah ada. Analisis sistem adalah penelitian atas sistem yang telah
ada dengan
tujuan untuk merancang sistem baru atau diperbarui. Adapun tahapannya yaitu :
1.
Mengumumkan Penelitian Sistem Manajer khawatir terhadap penerapan aplikasi
komputer baru yang mempengaruhi kerja para pegawainya. Sehingga perlu
dikomunikasikan kepada para pegawai tentang :
a. alasan perusahaan melaksanakan
proyek
b. bagaimana sistem baru akan menguntungkan
perusahaan dan pegawai.
2.
Mengorganisasikan Tim Proyek Tim proyek yang akan melakukan penelitian sistem
dikumpulkan. Agar proyek berhasil, pemakai sangat perlu berperan aktif daripada
berperan pasif. Banyak perusahaan mempunyai kebijakan menjadikan pemakai
sebagai pemimpin proyek dan bukannya spesialis informasi.
3.
Mendefinisikan Kebutuhan Informasi Analis mempelajari kebutuhan informasi
pemakai dengan terlibat dalam berbagai kegiatan pengumpulan informasi
(wawancara, pemgamatan, pencarian catatan, dan survei). Dari semua metode
tersebut, wawancara perorangan lebih disukai, dengan alasan
• Menyediakan komunikasi dua arah dan pengamatan terhadap bahasa tubuh.
• Dapat meningkatkan antusiasme pada proyek baik dari pihak spesialis maupun pihak
• Menyediakan komunikasi dua arah dan pengamatan terhadap bahasa tubuh.
• Dapat meningkatkan antusiasme pada proyek baik dari pihak spesialis maupun pihak
pemakai.
• Dapat menjalin kepercayaan antara pemakai dan spesialis informasi.
• Memberi kesempatan bagi peserta proyek untuk mengungkapan pandangan yang berbeda
• Dapat menjalin kepercayaan antara pemakai dan spesialis informasi.
• Memberi kesempatan bagi peserta proyek untuk mengungkapan pandangan yang berbeda
bahkan
bertentangan.
Dokumentasi dapat berupa flowchart, diagram aliran data (data flow diagram), dan grafik serta penjelasan naratif dari proses dan data. Istilah kamus proyek sering digunakan untuk menggambarkan semua dokumentasi yang menjelaskan suatu sistem.
Dokumentasi dapat berupa flowchart, diagram aliran data (data flow diagram), dan grafik serta penjelasan naratif dari proses dan data. Istilah kamus proyek sering digunakan untuk menggambarkan semua dokumentasi yang menjelaskan suatu sistem.
4.
Mendefinisikan Kriteria Kinerja Sistem Langkah selanjutnya adalah
menspesifikasikan secara tepat apa yang harus dicapai oleh sistem, yaitu
kriteria kinerja sistem. Misalkan,
• Laporan harus disiapkan dalam bentuk salinan kertas dan tampilan komputer;
• Laporan harus tersedia tidak lebih dari 3 hari setelah akhir bulan;
• Laporan harus membandingkan pendapatan dan biaya actual dengan anggarannya baik untuk bulan lalu maupun sepanjang tahun hingga sekarang (year to date).
• Laporan harus disiapkan dalam bentuk salinan kertas dan tampilan komputer;
• Laporan harus tersedia tidak lebih dari 3 hari setelah akhir bulan;
• Laporan harus membandingkan pendapatan dan biaya actual dengan anggarannya baik untuk bulan lalu maupun sepanjang tahun hingga sekarang (year to date).
3. TAHAP RANCANGAN
Menyiapkan Usulan Rancangan Analis sistem memberikan
kesempatan bagi manajer untuk membuat keputusan teruskan atau hentikan untuk
kedua kalinya. Dalam hal ini manajer harus menyetujui tahap rancangan dan
kungan bagi keputusan tersebut termasuk di dalam usulan rancangan.
Menerima atau Menolak Proyek Rancangan Manajer dan komite pengarah SIM mengevaluasi usulan rancangan dan menentukan apakah akan memberikan persetujuan atau tidak. Dalam beberapa kasus, tim mungkin diminta melakukan analisis lain dan menyerahkannya kembali atau mungkin proyek ditinggalkan. Jika disetujui, proyek maju ke tahap rancangan.
Menerima atau Menolak Proyek Rancangan Manajer dan komite pengarah SIM mengevaluasi usulan rancangan dan menentukan apakah akan memberikan persetujuan atau tidak. Dalam beberapa kasus, tim mungkin diminta melakukan analisis lain dan menyerahkannya kembali atau mungkin proyek ditinggalkan. Jika disetujui, proyek maju ke tahap rancangan.
4. TAHAP PENERAPAN
Penerapan
merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan
konseptual
yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja. Adapun tahapannya yaitu :
1.
Merencanakan penerapan Manajer dan spesialis informasi harus memahami dengan
baik pekerjaan yang diperlukan untuk menerapkan rancangan sistem dan untuk
mengembangkan rencana penerapan yang sangat rinci.
2.
Mengumumkan penerapan Proyek penerapan diumumkan kepada para pegawai dengan
cara yang sama pada penelitian sistem. Tujuannya adalah untuk menginformasikan
kepada para pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta
kerjasama mereka.
3.
Mendapatkan sumber daya perangkat keras Rancangan sistem disediakan bagi para
pemasok berbagai jenis perangkat keras yang terdapat pada konfigurasi sistem
yang disetujui. Setiap pemasok diberikan request for proposal (RFP), yang
berisi antara lain :
1. Surat yang ditransmisikan
2. Tujuan dan kendala sistem
3. Rancangan sistem : deskripsi ringkasan, kriteria kerja, konfigurasi peralatan, dokumentasi sistem ringkasan, perkiraan volume transaksi, perkiraan ukuran file.
4. Jadual pemasangan
Selanjutnya mereka membuat usulan tertulis, bagaimana peralatan yang diusulkan akan membuat sistem mencapai kriteria kinerjanya. Ketika semua usulan telah diterima dan dianalisis, SC MIS memilih satu pemasok atau lebih. Spesialis informasi memberi dukungan bagi keputusn tersebut dengan mempelajari usulan dan membuat rekomendasi. Setelah disetujui, perusahaan melakukan pemesanan.
1. Surat yang ditransmisikan
2. Tujuan dan kendala sistem
3. Rancangan sistem : deskripsi ringkasan, kriteria kerja, konfigurasi peralatan, dokumentasi sistem ringkasan, perkiraan volume transaksi, perkiraan ukuran file.
4. Jadual pemasangan
Selanjutnya mereka membuat usulan tertulis, bagaimana peralatan yang diusulkan akan membuat sistem mencapai kriteria kinerjanya. Ketika semua usulan telah diterima dan dianalisis, SC MIS memilih satu pemasok atau lebih. Spesialis informasi memberi dukungan bagi keputusn tersebut dengan mempelajari usulan dan membuat rekomendasi. Setelah disetujui, perusahaan melakukan pemesanan.
4.
Mendapatkan sumber daya perangkat lunak Ketika perusahaan memutuskan untuk
menciptakan sendiri perangkat lunak aplikasinya, programmer menggunakan
dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem sebagai titik awal. Programmer
dapat menyiapkan dokumentasi yang lebih rinci seperti flowchart atau bahasa
semu (psedudo code) yang terstruktur, dilakukan pengkodean, dan pengujian
program. Hasil akhirnya adalah software library dari program aplikasi. Jika
peangkat lunak aplikasi jadi (prewritten application software) dibeli,
pemilihan pemasok perangkat lunak dapat mengikuti prosedur yang sama seperti
yang digunakan untuk memilih pemasok perangkat keras, yaitu RFP dan Usulan.
5.
Menyiapkan database Pengelola database (database administrator – DBA)
bertanggung jawab untuks emua kegiatan ynag berhubungan dengan data, dan
mencakup persiapan database. Hal tersebut memerlukan pengumpulan data baru atau
data yang telah ada perlu dibentuk kembali sehingga sesuai dengan rancangan
sistem baru dan menggunakan sistem manajemen basis data (database management
sistem – DBMS).
6.
Menyiapkan fasilitas fisik Jika perangkat keras dan sistem baru tidak sesuai
dengan fasilitas yang ada, perlu dilakukan konstruksi baru atau perombakan.
Sehingga pembangunan fasilitas tersebut merupakan tugas berat dan harus dijadualkan
sehingga sesuai dengan keseluruhan rencana proyek.
7.
Mendidik peserta dan pemakai Sistem baru kemungkinan besar akan mempengaruhi
banyak orang. Beberapa orang akan membuat sistem bekerja. Mereka disebut dengan
peserta, yang meliputi operator entry data, pegawai coding, dan pegawai
administrasi lainnya. Semuanya harus dididik tentang peran mereka dalam sistem.
Pendidikan harus dijadualkan jauh setelah siklus hidup dimulai, tepat sebelum
bahan-bahan yang dipelajari mulai diterapkan.
8.
Menyiapkan usulan cutover Proses menghentikan penggunaan sistem lama dan
memulai menggunakan sistem baru disebut cutover. Ketika seluruh pekerjaan
pengembangan hampir selesai , tim proyek merekomendasikan kepada manajer agar
dilaksanakan cutover (dalam memo atau laporan lisan)
9.
Menyetujui atau menolak masuk ke sistem baru Manajer dan SC MIS menelaah status
proyek dan menyetujui atau menolak rekomendasi tersebut. Bila manajemen
menyetujui maka manajemen menentukan tanggal cutover. Namun, bila manajemen
menolak maka manajemen menentukan tindakan yang harus diambil dan tugas yang
harus diselesaikan sebelum cutover akan dipertimbangkan kembali, kemudian manajemen
menjadualkan tanggal baru.
10.
Masuk ke sistem baru. Ada 4 pendekatan dasar (cutover), yaitu :
1. Percontohan (pilot) yaitu suatu
sistem percobaan yang diterapkan dalam satu subset dari keseluruhan operasi.
2. Serentak (immediate) merupakan pendekatan yang paling sederhana yakni beralih dari sistem lama ke sistem baru pada saat yang ditentukan.
3. Bertahap (phased), sistem baru digunakan berdasarkan bagian per bagian pada suatu waktu.
4. Paralel (parallel), mengharuskan sistem lama dipertahankan sampai sistem baru telah diperiksa secara menyeluruh. Akan memberikan pengamanan yang paling baik terhadap kegagalan tetapi yang paling mahal, karena kedua sumber daya harus dipertahankan.
Cutover menandakan berakhirnya bagian pengembangan dari siklus hidup sistem. Penggunaan sistem dapat dimulai sekarang.
2. Serentak (immediate) merupakan pendekatan yang paling sederhana yakni beralih dari sistem lama ke sistem baru pada saat yang ditentukan.
3. Bertahap (phased), sistem baru digunakan berdasarkan bagian per bagian pada suatu waktu.
4. Paralel (parallel), mengharuskan sistem lama dipertahankan sampai sistem baru telah diperiksa secara menyeluruh. Akan memberikan pengamanan yang paling baik terhadap kegagalan tetapi yang paling mahal, karena kedua sumber daya harus dipertahankan.
Cutover menandakan berakhirnya bagian pengembangan dari siklus hidup sistem. Penggunaan sistem dapat dimulai sekarang.
5. TAHAP
PENGGUNAAN
Tahap penggunaan terdiri dari 5 langkah, yaitu :
1.
Menggunakan system Pemakai menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diidentifikasikan
pada tahap perencanaan.
2.
Audit system Setelah sistem baru mapan, penelitian formal dilakukan untuk
menentukan seberapa baik sistem baru itu memenuhi kriteria kinerja. Studi
tersebut dikenal dengan istilah penelaahan setelah penerapan (post
implementation review). Hasil audit dilaporkan kepada CIO, SC MIS dan pemakai.
Proses tersebut diulangi, mungkin setahun sekali, selama penggunaan sistem
berlanjut.
3.
Memelihara system Selama manajer menggunakan sistem, berbagai modifikasi dibuat
sehingga sistem terus memberikan dukungan yang diperlukan. Modifikasinya
disebut pemeliharaan sistem (sistem maintenance). Pemeliharaan sistem
dilaksakan untuk 3 alasan, yakni :
1. Memperbaiki kesalahan
2. Menjaga kemutakhiran sistem
3. Meningkatkan sistem
1. Memperbaiki kesalahan
2. Menjaga kemutakhiran sistem
3. Meningkatkan sistem
4.
Menyiapkan usulan rekayasa ulang Ketika sudah jelas bagi para pemakai dan
spesialis informasi bahwa sistem tersebut tidak dapat lagi digunakan, diusulkan
kepada SC MIS bahwa sistem itu perlu direkayasa ulang (reengineered). Usulan
itu dapat berbentuk memo atau laporan yang mencakup dukungan untuk beralih pada
suatu siklus hidup sistem baru. Dukungan tersebut mencakup penjelasan tentang
kelemahan inheren sistem, statistik mengenai biaya perawatan, dan lain-lain.
5.
Menyetujui atau menolak rekayasa ulang system Manajer dan komite pengarah SIM
mengevaluasi usulan rekayasa ulang sistem dan menentukan apakah akan memberikan
persetujuan atau tidak .
Guna memberi respon yang lebih baik bagi kebutuhan pemakai,
spesialis informasi telah membuat modifikasi pada SLC, sehingga waktu yang
diperlukan untuk menerapkan sistem dapat dikurangi. Hal tersebut yang banyak
mendapat perhatian yaitu protipe (prototyping) dan pengembangan aplikasi cepat
(Rapid Application Development – RAD).
Pada titik apakah dalam SLC seorang manajer berhak
menentukan keputusan lanjutkan atau
hentikan. Dengan membaca seluruh tahap-tahap yang ada dalam
siklus hidup sistem, jelas terlihat bahwa pada tahap perencanaan seorang manajer
merencanakan dan menetapkan tujuan dari suatu organisasi atau sistem yang
dilaksanakan. Fase ini dimulai dengan mendefinisikan masalah dan dilanjutkan
dengan sistem penunjukan objektif dan paksaan. Di sini sistem analis memimpin
studi yang mungkin terjadi dan mengemukakan pelaksanaannya pada manajer. Jadi,
Pada tahap ini manajer berhak memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan
suatu keputusan sebelum keputusan itu dijadikan planning atau rencana dalam
mencapai tujuan system. Jika keputusannya adalah teruskan maka sistem akan
berlanjut ke tahap penelitian (analisis). Namun, jika keputusannya hentikan
maka semua pihak mengalihkan perhatiannya ke masalah-masalah lain sebelum
keputusan final diambil.
SYSTEMS DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)
SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup
Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam
rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan
pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan
sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau
informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem
perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: analisa (analysis), desain
(design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan
(maintenance). Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai
jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini
membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan
sistem informasi, yaitu proses pengembangan perangkat lunak. Terdapat 3 jenis
metode siklus hidup sistem yang paling banyak digunakan, yakni: siklus hidup
sistem tradisional (traditional system life cycle), siklus hidup menggunakan
protoyping (life cycle using prototyping), dan siklus hidup sistem orientasi
objek (object-oriented system life cycle).
SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan
langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam tiga
kegiatan utama, yaitu :
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil kegiatannya (deliverable). Apabila kegiatan utama tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah yang
lebih rinci dapat digambarkan seperti berikut :
+---------------------------------------------------------------------+
: ANALYSIS : DESIGN : IMPLEMENTATION :
+---------------------------------------------------------------------+
: :
+---------------+ : :
+-->: Problem : : :
| : Detection : : :
| +---------------+ +-----------+ +-----------+
+---------> | | : | | : |
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
| : Initial : | : : Output : | : : Programming / :
| : Investigation : | : : : | : : test :
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
+---------> | | : | | : |
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
| : Requirements : | : : Input : | : : Training / :
| : Analysis : | : : : | : : Other :
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
+---------> | | : | | : |
+---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
: Generation of : | : : Files :--+ : : System :
: Alternatives : | : : : : : Change Over :
+---------------+ | : +---------------+ : +---------------+
| | : :
+---------------+ | : :
: Selection of :--+ : :
: Proper System : : :
+---------------+ : :
Gambar 4.3 : Stages of Problem Solving Systems Development Life Cycle (SDLC)
ANALYSIS
Dalam
tahap analisis ini, digunakan oleh analis sistem untuk :
a.
Membuat keputusan apabila sistem saat ini mempunyai masalah atau sudah tidak
berfungsi secara baik dan hasil analisisnya digunakan sebagai dasar untuk
memperbaiki sistem
b.
Mengetahui ruang lingkup pekerjaannya yang akan ditanganinya.
c.
Memahami sistem yang sedang berjalan saat ini
d.
Mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya
Kegiatan
yang dilakukan dalam tahap analisis ini adalah :
1.
Problem detection
a. Tujuan : Mendeteksi sistem, apabila sistem saat ini
semakin berkurang manfaatnya (memburuk).
b. Hasil : Laporan pendahuluan tentang permasalahan yang
terjadi dalam sistem.
2. Initial investigation
a. Tujuan : Memerikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah- daerah yang menimbulkan permasalahan.
b. Hasil : Penjelasan sistem saat ini.
a. Tujuan : Memerikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah- daerah yang menimbulkan permasalahan.
b. Hasil : Penjelasan sistem saat ini.
3. Requirement analysis (determination of ideal systems)
a. Tujuan : Mendapatkan konsensus dari komunitas pemakai dari sistem informasi yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
b. Hasil : Penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.
a. Tujuan : Mendapatkan konsensus dari komunitas pemakai dari sistem informasi yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
b. Hasil : Penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.
4. Generation of system alternatives
a. Tujuan : Menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan sistem idealnya.
b. Hasil : Dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan digunakan untuk memperbaiki sistem.
a. Tujuan : Menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan sistem idealnya.
b. Hasil : Dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan digunakan untuk memperbaiki sistem.
5. Selection of proper system
a. Tujuan :
Membandingkan alternatif-alernatif sistem dengan menggunakan metodologi terstruktur, memilih alternatif sistem yang paling baik,
dan menjualnya (sell) kepada management.
b. Hasil : Hasil-hasil dari studi sistem.
b. Hasil : Hasil-hasil dari studi sistem.
DESIGN
Dalam tahap perancangan (desgin) memiliki tujuan, yaitu
untuk :
Mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan
masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan
alternatif sistem yang terbaik.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah :
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah :
1. Output design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk laporan sistem dan
dokumennya.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi keluaran
(output).
2. Input design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk masukan didokumen dan
dilayar ke sistem informasi.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi masukan (input).
3. File design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk file-file yang dibutuhkan dalam sistem informasi.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi file.
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk file-file yang dibutuhkan dalam sistem informasi.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi file.
IMPLEMENTATION
Dalam tahap implementasi memiliki beberapa tujuan, yaitu
untuk :
a. Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam
kegiatan yang sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau
dikembangkannya.
b. Mengimplementasikan sistem yang baru.
c. Menjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara benar.
Kekuatan dan kelemahan
Hanya sedikit orang di dunia komputasi modern akan menggunakan model air terjun ketat untuk siklus hidup pengembangan sistem mereka (SDLC) sebagai metodologi modern telah digantikan pemikiran ini. Beberapa akan berpendapat bahwa SDLC tidak lagi berlaku untuk model seperti komputasi Agile, tetapi masih istilah yang secara luas digunakan di kalangan teknologi. Praktek SDLC memiliki keunggulan dalam model pengembangan perangkat lunak tradisional, yang cocok untuk lingkungan yang lebih terstruktur. Kelemahan menggunakan metodologi SDLC adalah ketika ada kebutuhan untuk pengembangan iteratif atau (yakni pengembangan web atau e-commerce) dimana stakeholders harus meninjau secara rutin perangkat lunak yang dirancang. Alih-alih melihat SDLC dari perspektif kekuatan atau kelemahan, itu jauh lebih penting untuk mengambil praktek-praktek terbaik dari model SDLC dan menerapkannya ke apapun mungkin paling sesuai untuk perangkat lunak yang dirancang.
Suatu perbandingan kekuatan dan kelemahan dari SDLC:
Kekuatan dan Kelemahan dari SDLC
|
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Kontrol.
|
Peningkatan waktu
pengembangan.
|
Memantau proyek-proyek
besar.
|
Peningkatan biaya
pembangunan.
|
Langkah-langkah rinci.
|
Sistem harus
didefinisikan di depan.
|
Mengevaluasi biaya dan
target penyelesaian.
|
Kekakuan.
|
Dokumentasi.
|
Sulit untuk
memperkirakan biaya, overruns proyek.
|
Didefinisikan dengan
baik input pengguna.
|
Input pengguna
kadang-kadang terbatas.
|
Kemudahan
pemeliharaan.
|
|
Pengembangan dan
desain standar.
|
|
Mentolerir perubahan
staf MIS
|
Sebuah alternatif untuk SDLC adalah pengembangan aplikasi yang cepat, yang menggabungkan prototyping, pengembangan aplikasi bersama dan pelaksanaan CASE tools. Keuntungan dari RAD adalah kecepatan, biaya pembangunan dikurangi, dan keterlibatan pengguna aktif dalam proses pembangunan.
Jadi perbedaan adalah:
Siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) adalah proses
evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi
berbasis komputer.
SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup
Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam
rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan
pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan
sistem-sistem tersebut.
Referensi:
Sepertinya ini tulisan kurang tepat Mba, caba anda baca blog ini : http://searchsoftwarequality.techtarget.com/tip/Waterfall-or-Agile-Differences-between-predictive-and-adaptive-software-methodologies
BalasHapus