Senin, 14 November 2011

JURUS AMPUH USIR JERAWAT


Siapa sih yang nggak gemes melihat jerawat tiba-tiba muncul?
Jerawat memang biasanya jadi musuh abadi para cewek. Mungkin kita memiliki kulit normal, kalau sedang datang bulan, tetap saja nggak bisa menghindari si jerawat tadi akibat faktor hormonal.
                Jerawat timbul karena kelenjar minyak di bawah permukaan kulit bekerja kelewat aktif. Akhirnya, terjadi penyumbatan di saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Kalau terjadi peradangan pada kulit, maka sebelum akan menyumbat saluran kelenjar minyak dan muncul, deh, komedo.

Dos:
  • Biasakan cuci wajah dan mandi teratur agar produksi kelenjar minyak maupun kotoran yang menempel di permukaan kulit bisa dikurangi. Gunakan sikat khusus untuk membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau tangan.
  • Pilih sabun yang bersahabat, yaitu nggak mengandung deterjen dan pewangi sehingga nggak bikin kulit kering, tapi tetap mampu membersihkan sel kulit mati.
  • Konsumsi makanan sehat, mulai dari buah-buahan hinga sayur-sayuran serta air putih sebanyak mungkin.
  • Minum obat atau suplemen untuk mencegah timbulnya jerawat.
  • Olahraga teratur atau melakukan kegiatan yang menyenangkan supaya pikiran dan jiwa kita bebas stres
Don’ts:
  • Memencet atau mengeluarkan jerawat secara paksa karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Terlalu sering mengoleskan obat jerawat (misalnya 10 menit sekali) dengan harapan jerawat lekas hilang. Salah banget!
  • Merias wajah berlebihan untuk menutupi jerawat dari wajah (hati-hati, malah bisa memperparah kondisinya, tuh!)

Makanya pemilik kulit berminyak harus ekstra memperhatikan kondisi kulit, tuh! Selain itu, aktivitas hormon, faktor keturunan, dan stres ikut mempengaruhi sedikit-banyaknya jerawat kita.
Tapi salah banget kalau berfikir jerawat hanya ada di bagian wajah saja. Dada, punggung, serta bagian atas lengan termasuk tempat yang mudah ‘dihinggapi’ jerawat. Mungkin nggak terlalu kelihatan, karena gampang ditutupi baju, di bagian tadi jangan di cuekin, dong, supaya nggak merusak keindahan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar